Senin, 02 September 2019

Moderator Seminar

Pada hari Selasa, 3 September 2019 MGBK SMA/SMK/MA Ponorogo bersama UMPO mengadakan seminar yang bertemakan "Mengefektifkan  Bimbingan Konseling dalam Mewujudkan Generasi Indonesia Gemilang" dengan 2 materi:
1. Peran Guru BK di Era Revolusi Industri 4.0 oleh Prof Dr  Muh Farozin, M.Pd (Guru Besar UNY, Ketua PB ABKIN) 
2. Karakteristik dan tantangan remaja era disrupsi oleh Dr Wahyudi Setiawan (Dosen Unmuh Ponorogo).
Nah, kebetulan saya kebagian tugas untuk menjadi moderator pada materi Karakteristik dan tantangan remaja era disrupsi oleh Dr Wahyudi Setiawan (Dosen Unmuh Ponorogo). Biar proses sajian materi berjalan dengan lancar, saya bikin naskah juga nih buat pedoman jadi moderator, begini naskahnya...

Terima kasih kepada pembawa acara yang telah membuka kegiatan kita pada kali ini hingga mempersilahkan saya untuk memandu jalannya sajian materi 1.

Assalamualaikum Wr Wb.
Bapak/ibu saya sangat bersyukur pada kesempatan ini dapat berada disini & terus terang sangat bangga dengan kehadiran panjenengan semua (dari Ngawi, Magetan, Madiun, Pacitan, Sampung, Sooko, Mlarak, Jetis sampai di Ngrayun sana) dengan semangat yang luar biasa tentunya guna mengembangkan profesionalitas sebagai Guru BK untuk memberikan pelayanan prima pada generasi yang mengubah kata siap menjadi “assiaapp” kata santai menjadi santuuy”, generasi yang ikut mempopulerkan “Mundur Alon-Alon” sampai mengalahkan lagu “Maju tak Gentar”, atau generasi yang sangat merindukan banyaknya followers, banyaknya like dan juga subscriber... 

Topik “Karakteristik dan Tantangan Peserta Didik Era Disrupsi” ini sengaja kami hadirkan dengan mempertimbangkan fenomena ketika masyarakat menggeser aktivitas-aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata, ke dunia maya, termasuk juga dengan anak didik kita di sekolah. Dimana papan tulis, yang pada saat ini sudah tidak menjadi favorit lagi bagi mereka untuk menjadi media utama dalam proses pembelajaran. Dimana beberapa anak-anak kita lebih mampu mengungkapkan dengan tulus apa yang dirasakan melalui tulisan media social, melalui postingan foto yang menyimpan berbagai makna dengan segala caption yang menyertai dari pada berbicara dengan teman maupun kita guru BK nya..

Bapak/Ibu/hadirin yang berbahagia,  (dikutip dari kompas.com) Menurut Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) Saat ini total populasi penduduk Indonesia kurang lebih sebanyak 264 juta jiwa, sekitar 64,8 % (sekitar 171,17 juta) dari total populasi tersebut sudah terhubung internet. Mayoritas pengguna internet tesebut  merupakan masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 19 tahun, rentang usia peserta didik kita di sekolah.

Hampir tak ada batas untuk mereka mengakses segala konten internet baik itu konten yang positif maupun negatif. Dan faktanya hal tersebut tidak hanya membawa dampak yang positif untuk ketercapaian tugas-tugas perkembangan, namun juga membawa dampak negatif yang menghambat bahkan mungkin menggagalkan tercapainya tugas-tugas perkembangan peserta didik.

Sebagai guru BK yang bertugas memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tugas-tugas perkembangannya, Mana mungkin kita bisa memfasilitasi mereka, menyusun program-program yang benar sesuai dengan kebutuhan mereka apabila kita tidak mengetahui seperti apa karakteristik dan tantangan peserta didik di era disrupsi saat ini?
Oleh karena itu, MUTLAK, untuk dapat memberikan pelayanan yang memang benar-benar dibutuhkan oleh mereka baik dari segi TOPIK, STRATEGI maupun MEDIA, MAKA KITA HARUS BENAR-BENAR MEMAHAMI KARAKATERISTIK DAN TANTANGAN MEREKA SAAT INI!

Bersyukur sekali pada sajian materi pertama atas kehadiran beliau, Dr Wahyudi Setiawan, M.Pd.I (Doktor millenials) Beliau seorang Dosen di Univ Muhamadiyah Ponorogo, juga seorang millennial entrepreneur, juga seorang milenialis inspirator bapak/ibu, beliau gemar memotivasi bp/ibu guru untuk aktif membaca, berkarya dalam tulisan, bahkan apabila panjenengan semua berminat untuk membuat buku, beliau siap untuk mendampingi mulai dari penulisan hingga penerbitan.. (Jadi sekali lagi, selain seorang dosen Beliau ini Chief Executive Officer atau CEO di BuatBuku.com) J

Milenialis kelahiran 23 Desember 1986 yang beralamat tinggal di Jl Pos Barat KM 1 Melikan Ngimput Purwosari Babadan Ponorogo, pada tahun ini telah menyelesaikan program doktoralnya Prodi Psikologi Pendidikan Islam di Univ Muhamadiyah Yogyakarta selain aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah, juga telah banyak melahirkan karya-karya tulisan dan tidak sedikit yang bertemakan: milenialis, motivasi, inspirasi hingga revolusi indutri 4.0..

Dengan basic program magister dan doctoral pada “psikologi pendidikan islam” & dari kalangan milenial tentu saja membuat beliau tak diragukan dalam menyusun kajian mengenai karakteristik remaja/peserta didik di era kekinian..  

Baik bp/ibu hadirin… 60 menit kedepan kami persilahkan beliau untuk mengulas karakteristik dan tantangan peserta didik di era disrupsi kemudian dilanjut dengan sesi Tanya jawab..

Langsung saja, mari kita sambut dengan applause… Dr Wahyudi Setiawan, M.Pd.I
……………………………………………………………………………………………………………
Luar biasa sekali pemaparan yang cukup detail, lugas dan jelas dari pemateri kita, sekali lagi applause untuk beliau Dr Wahyudi Setiawan..

Baik bapak/ibu, untuk menggali lebih dalam terkait penyajian dan pemaparan materi tadi, kami berikan kesempatan kepada yang ingin bertanya, 3 pertanyaan dulu kami persilahkan (1 orang 1 pertanyaan).. silahkan!
…………………………………………………………………………………………………………
Kami Persilahkan Dr Wahyudi Setiawan untuk mengupas lebih lanjut dengan menanggapi pertanyaan dari audiens!!
…………………………………………………………………………………………………………
Terima kasih, semoga tanggapan dari beliau dapat lebih memperjelas dan memperkaya pemahaman kita tentang materi yang kita bahas pada kesempatan kali ini.
Sesi berikutnya, kami buka 3 pertanyaan kembali, 1 orang 1 pertanyaan, kami persilahkan!
…………………………………………………………………………………………………………
Kami Persilahkan Dr Wahyudi Setiawan untuk mengupas lebih lanjut dengan menanggapi pertanyaan dari audiens!! Sekaligus untuk memberikan kata penutup
…………………………………………………………………………………………………………
Alhamdulillah Aplause yang meriah untuk pemateri pertama kita.
Telah kita ikuti bersama sajian materi pertama dan juga pendalamannya melalui tanya jawab, selanjutnya perkenankanlah saya sebagai moderator untuk membacakan beberapa kesimpulan:
  1. .
  2. .
  3. .

Dan pada akhirnya tuntas sudah sajian materi pertama, kami sampaikan terima kasih kepada beliau Dr Wahyudi Setiawan, M.Pd.I, semoga dapat trus bersama untuk menginspirasi negeri. Bapak/ibu yang ingin berlanjut komunikasi dengan beliau silahkan kunjungi wahyudisetiawan.com atau buatbuku.com..  

Bapak/Ibu, “Kalau sudah mengetahui karakteristik dan tantangan peserta didik di era disrupsi, lalu seperti apa peran kita guru BK di era revolusi industry 4.0 ini?” Kami persilahkan kepada rekan saya saudara Triyono, M.Pd untuk menjadi moderator pada sajian materi kedua. Dari saya cukup sekian, mohon maaf apabila ada kesalahan.. Wassalamualaikum wr wb..


0 komentar:

Posting Komentar