Minggu, 21 Maret 2021

(LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI) Seminar dan Pelatihan "Merubah Paradigma Mengajar dan Meningkatkan Kompetensi Penguasaan Aplikasi Digital Gurunya Generasi Net pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru"

Mempertimbangkan berbagai permasalahan yang timbul selama kebijakan belajar dari rumah sekaligus mempersiapkan guru yang terampil memanfaatkan berbagai aplikasi digital untuk melayani generasi Net, maka diperlukan penyegaran dan motivasi bagi guru-guru di sekolah. Guru sebagai tenaga profesional dituntut untuk dinamis dan terus mengupdate kemampuan guna memberikan pelayanan terbaik badi peserta didik di sekolah.

Transformasi teknologi yang begitu cepat mendorong teknologi digital bukan hanya menjadi kebutuhan namun sudah menjadi gaya hidup. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada kebiasaan dan perilaku peserta didik. Sehingga, mengenali karakteristik peserta didik menjadi hal yang sangat penting untuk memberikan pelayanan maksimal. Setelah guru mampu mengenali karakteristik peserta didik, berikutnya guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran perlu mengembangkan media dan metode pembelajaran yang disukai oleh siswa. Atas dasar itulah, perlu diadakan upaya pengembangan kompetensi guru untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi siswa siswi di sekolah.  

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 4 s/d 7 Agustus 2020 ini dikemas dalam seminar dan pelatihan dengan tema "Merubah Paradigma Mengajar dan Meningkatkan Kompetensi Penguasaan Aplikasi Digital Gurunya Generasi Net pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru".  Kegiatan yang dilaksanakan mulai hari Selasa, 4 Agustus 2020 dibuka oleh Drs. H. Nurhadi Hanuri, M.M (Ka Cab. Disdik Wilayah Ponorogo Magetan) sekaligus beliau memberikan materi tentang Pengelolaan Organisasi dan Manajemen Sekolah di Era Digital. Hari kedua, kegiatan difasilitasi oleh Pengawas SMA/Pk-PLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ponorogo Magetan, Drs. H. Kateno, M.Pd dengan tema Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi, dilanjutkan dengan Penyesuaian Kurikulum Masa Pandemi Covid 19 dan Penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran tatap muka.

Hari ketiga pelatihan, menghadirkan Pengajar dari Universitas Krisnadwipayana Jakarta, Avip Kurniawan, ST., M.Kom. Materi yang disampaikan pada hari ke tiga diantaranya mengetahui dan memahami berbagai tantangan guru di era digital dilanjutkan dengan Mengenal edmodo sebagai media pembelajaran yang tampilan dan fitur seperti media sosial. 

Hari terakhir pelatihan, hari ke 4, peserta diajak kerja praktis bagaimana memanfaatkan fitur google untuk pembelajaran. Mulai dari pembuatan akun google, pemanfaatan google form, mengelola kelas virtual dengan memanfaatkan google clasroom. Pada hari terakhir ini kegiatan dipandu oleh Mujianto, S.Pd dengan rekan-rekan yang sudah menguasai materi teknis sebelumnya. 

Bagi bapak/ibu yang mengikuti kegiatan tersebut dan membutuhkan laporan kegiatannya, bisa diunduh pada link berikut: 

Laporan Pengembangan Diri

Ringkasan Pelatihan



1 komentar: