Senin, 13 Juli 2020

Berbagi Materi, Media dan RPL Peran Guru BK

Belajar dari rumah rasa-rasanya tidak menjadi masalah buat Genarasi Z, karakteristik yang serba digital menjadikan mereka dapat belajar dimanapun, belajar kapanpun dan belajar dari siapapun. Permasalahan baru justru muncul dari guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Mau tidak mau keharusan menyesuaikan diri dengan kebutuhan generasi Z sebagai subyek dalam pembelajaran harus dipenuhi. Peran kita sebagai guru BK yang terfokus pada fasilitasi pencapaian tugas perkembangan menjadi mutlak untuk melek digital.

Awal tahun pelajaran baru 2020/2021 menjadi momen penting buat guru BK untuk menunjukkan kepada siswa baru bahwa dgitalisasi layanan bisa dilakukan. Tentu saja dengan semangat, layanan yang tidak ketinggalan zaman. Lalu bagaimana dengan rekan-rekan guru BK yang baru mengawali belajar dengan segala keterbatasan? Jawabannya adalah "Guru Berbagi", salah satu bentuk strategi layanan bimbingan dan konseling adalah kolaborasi. Melihat kebutuhan dan perkembangan pelaksanaan pembelajaran saat ini tentunya kolaborasi tidak hanya dilakukan di tingkat lokalan. Kolaborasi dilaksanakan tanpa ada batasan, bahkan lintas profesional. Oleh karena itu, untuk guru BK yang masih kesulitan menyesuaikan dengan perkembangan bisa memanfaatkan berbagai media yang sudah disediakan rekan guru BK lain diberbagai media digital.

Bapak/ibu yang memerlukan media pengenalan "Peran Guru BK" untuk siswa baru di masa MPLS dalam jaringan, link video berikut bisa bapak/ibu gunakan, video tidak saya cantumkan asal sekolahan sehingga bapak/ibu bisa memanfaatkannya dengan leluasa. Link RPL bisa bapak ibu download melalui link yang saya cantumkan di deskripsi video youtube:

1 komentar: