Selasa, 18 Oktober 2022

Pembinaan Pengawas Pembina SMAN 1 Sampung

Meningkatkan Prestasi Sekolah melalui Kekompakan Warga Sekolah

(di SMA Negeri 1 Sampung 19 Oktober 2022)

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah merupakan proses memotret kinerja sekolah (seluruh kegiatan manajerial yang ada di sekolah). Sejauh mana sekolah mampu memberikan pelayanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan setiap murid. seorang guru yang bisa mengantar anak didik untuk mandiri. Penghargaan yang kita rasakan hendaknya bukan karena jabatan kita naik, namun saat anak didik kita mencapai kemandirian. Layani anak dengan sebaik-baiknya, saat menemukan anak didik berperilaku kurang tepat, jangan dimarahi, diajak ngobrol, temukan keyakinan-keyakinan positif yang ada dalam diri mereka.

Manusia tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman.  Begitu juga setiap anak memiliki dunianya sendiri, minat tersendiri yang sangat dipengaruhi kondisi alam dan perkembangan zaman.  Proses pembelajaran era digital, guru lah yang harus menyesuaikan diri dengan karakteristik dan minat anak. 

Sebelum dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, bapak ibu perlu melaksanakan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Melalui PKG itu selain mengukur setiap kinerja guru juga dalam rangkan mengupayakan kenaikan jenjang karier guru. Sebagaiaman dengan namanya "PKG", instrumen yang digunakan selain format yang sudah ditetapkan, juga harus ada instrumenrasi yang mengukur proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika di dalam kelas. Dimana instrumen itu memuat persiapan, kegiatan intin, evaluasi dan tindak lanjuut. 

Melaksanakan "mandiri belajar" berarti dalam rangka belajar untuk menerapkan implementasi kurikulum merdeka. Ruh dari "mandiri belajar" haruslah belajar menerapkan strategi yang ada di dalam kurikulum merdeka. Diantaranya adalah implementasi pembelajaran berdiferensiasi, yang memunginkan setiap anak memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang berbeda sesuai dengan minat dan potensi anak. 

Bermimpilah bahwa sekolah kita, sekolah pinggiran rasa sekolah internasional. Segala sesuatu harus dimulai dengan mimpi, karena mimpi itu ibarat doa. Energi yang besar akan memancarkan frekuensi yang besar sehingga ia akan menggerakkan orang yang frekuensinya sama dengan yang kita pancarkan. 

Sehingga untuk mensukseskan seluruh kegiatan yang ada di sekolah, baik dalam pembelajaran, penilaian kinerja kepala sekolah bahkan akreditasi diperlukan kekompakan dan kerja sama dari seluruh warga yang ada di sekolah. Kekompakan tersebut bisa diusahakan dengan berbagai kegiatan yang mampu menumbuhkan semangat kebersamaan, seperti outbond, jalan-jalan bersama, ataupun kegiatan lainnya dimana Kepala Sekolah sebagai manajer perlu melaksanakan kegiatan tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar