Kamis, 23 April 2020

Membuat Media Bimbingan Klasikal Menggunakan Aplikasi Canva

E Poster Upload di Media Sosial Sebagai Layanan BK
Beberapa pekan yang lalu, atas ide dari teman dalam sebuah WAG, saya tertarik untuk melaksanakan layanan bimbingan klasikal selama pandemi covid 19 ini menggunakan media sosial instagam. Alasannya simpel aja sih, yaitu karena siswa-siswa saya di sekolah lebih sering menggunakan instagram dari pada media sosial lainnya. Finnaly, terdaftarlah akun ig dengan nama bk_sahabatsiswa, nah barulah kemudian muncul kebutuhan baru, yaitu kebutuhan konten untuk mengisi akun ig tersebut. Karena basic dari instagram itu berupa konten gambar atau e poster, maka diperlukan kemampuan untuk meramu suatu topik bimbingan dalam bentuk poster. Cara termudah memang mencari poster melalui mesin penelusur kemudian tinggal di share lagi dengan caption sesuai dengan kebutuhan. Namun ada kalanya muncul ide topik materi yang harus dituangkan dalam bentuk poster, bagaimana cara membuatnya? Nah, tidak perlu khawatir.. Kita bisa memanfaatkan aplikasi Canva. Ada banyak template yang disediakan dengan mode gratis baik untuk poster, selebaran, kartu ucapan, presentasi dan masih banyak lagi. Begini langkah-langkahnya jika menggunakan perangkat laptop atau komputer:

  1. Langsung saja klik di https://www.canva.com/, setelah itu anda akan diarahkan untuk login (masuk) atau sign up (daftar)
  2. Apabila anda baru pertama menggunakan langsung saja klik "sign up" (kalau saya sign up with google) nanti diarahkan untuk login melalui akun google (email) kita. 
  3. Setelah login, kita langsung berada di menu utama, disini kita bisa memilih template mana yang akan kita gunakan (tentunya pilih yang free ya) 
  4. Barulah kemudian kita bisa mengedit template tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Gunakan, opsi edit baik untuk menambahkan kata, menambahkan gambar dan lain sebagainya
     5. Untuk mengunduhnya, silahkan di klik tanda panah ke bawah yang ada di pojok sebelah kanan,           sebelah kiri cetak selebaran

Contoh hasil karya saya seperti ini:








0 komentar:

Posting Komentar